Rabu, 28 Oktober 2009

KECEMBURUAN VITA
Babak 1

ADEGAN 1
Disebuah kantin beberapa anak perempuan tampak sedang ngobrol. Satrio duduk diatas jok sepeda motornya.


Dewi : “eh siapa anak laki- laki itu ?”
Yuni : “ Nggak tahu tuh “
Anak- Anak Pr: “Wah, boleh juga tongkronganya “

ADEGAN 2

Tidak lama kemudian terjadi keributan di halaman sekolah

Febrian : “Hei,…. Loe Jangan sok jago disini ya!!”
Andi : “Hei bung, lebih baik eloe pergi dari hadapanku sebelum gue tebas eloe pake ini”(anak itu mengeluarkan sebilah pisau satrio tidak tinggal diam)
Rio : “ Iya betul sebaiknya kamu pergi sekarang juga”
Satrio : “Hei bung, jangan buat keributan disini”.
Andi : “He, loe jangan sok pahlawan ya!! Lebih baik kamu menyingkir!”
Satrio : “ Bung…. Kalian pikir Kalau melukai orang disini orang lain akan tinggal diam Kalian Bisa dikroyak dan dihakimi masal,Sadar bung Kalian bukan siapa- siapa disini dan saya baru melihat Kalian kali ini padahal saya setiap hari disini”. Simpan kembali pisaumu itu atau polisi akan datang kesini dan menangkapmu.
Andi : “ Iya. Saya akan menyimpanya”
Satio : “Oh ya kenalkan nama saya satrio”
Andi : “Nama saya andi dan ini teman teman saya namanya Rio dan febrian ”
Satrio : “ Andi,sebaiknya Kalian masuk kelas saja, teman – temanmu sudah masuk tuh !”(Gelisa) Wah, mana sih, sivita,lama amat nggak keluar –keluar ?”







ADEGAN 3

Dan dikantin, beberapa anak perempuan masi terlihat ngobrol

Dewi : “Wah berani juga, Anak laki –laki itu”
Yuni : “ Iya, ya padahal resikonya dia terakan kena tusuk loh”

Dewi : “ Sipa sih anak itu ?”
Yuni : “ Naksir nih? Kalau naksir ngomong, biar aku bilang kedia “
Dewi : “ nggak aku nggak naksir sama dia” ( Tidak lama kemudia muncul satrio,)
Yuni : “eh, Orangnya kesini tuh”
Anak- anak Pr : “ wah, ganteng juga, ya”
Satrio : “ Bu, Minta es cendolnya, haus nih!”
Ibu Kantin : “ Ya, mas Satrio”
Anak- anak Pr : “ Haus ya mas ?” kayaknya ada yang ditunguh nih ?”
Yuni : “ Mas,….dewi Naksir nih !”
Dewi : “ Apa- Apaan sih eloe,Yun nggak Ah !”
Yuni : “ Ala wi ….. eloe naksir dia kan? Ngaku aja deh!”
Dewi : “Ngaco loe, ah!”
Ibu Kantin : “Mas Satrio itu sedang menunggu pacarnya, neng”
Yuni : “Nah loe wi, ada saingan ya tuh, berani nggak?”

ADEGAN 4

Dihalaman sekolah, satrio tampak sedikit jengkel

Satrio : “Lama amat sih vit?”
Vita : “Tadi teman-teman pada ngumpul buat acara ulang tahunnya si ani, satrio!”
Satrio : “ Ya, tapi kamu kan bias ngomong dulu, jadi aku nggak nungguin lama disini”
Vita : “Kalau ngak mau nungguin aku ya udah, kenapa nggak pulang duluan aja” (Vita beranjak hendak meninggalkan satrio)
Satrio : “He, …….. ntar dulu, …….. aku belum selesai ngomong, nih”





Babak 2

ADEGAN 1
Keesokan harinya satrio pergi kesekolah si Vita, dengan tujuan untum meminta maaf kepada vita

Satrio : “Mana sih si Vita ? dari tadi dia belum keluar”
Dewi : “ Eh, ,Yun ada Sotrio tuh”
Yuni : “Eh, Iya, ayo kita kesana”
Dewi : “Hai, Satrio!”
Satrio : “Eh, kaliankan Anak –anak yang ada di kantin kemarin”
Yuni : “Oh iya memang betul, kenalkan nama saya yuni dan ini teman saya dewi
Satrio : “Kebetulan saya mau Tanya apakah kalian melihat si Vita?”
Dewi : “Enggak tuh, dari tadi kami juga tidak melihat dia”(dari kejahuan kristi dan teman perempuannya memperatikan Dewi dan Yuni
Kristi : “Hei lihat tuh Dewi dan yuni mereka pasti cari muka sama Satrio”
Sri : “ Benar tuh Pasti ada maunya”

ADEGAN 2

Tidak lamah kemudian vita pun keluar dari kelasnya dan dia melihat satrio bersama dewi dan yuni dan dia langsung menghampiri si satrio

Tina : “ Eh, lihat tuh! Si vitanya keluar
Sri : “Mana ?”
Tina : “Itu ,dari pintu kelasnya”
Yuni : “ Eh, itu sivitanya datang”
Vita : “ Oh, jadi kamu kesini hanya untuk bertemu mereka”
Satrio : “Eh, entar duluh aku mau ngomong masalah kemarin”
Vita : “ Kamu mau ngomong apalagi sama saya, semuah sudajelas kamu kesini bukan untuk menemui saya kan”
Dewi : “ Entar dulu vita, kamu salapaham tentang semua ini dia datang kesini hanya untuk menemui kamu”
Yuni : “ Iya, memang betul yang dikatakan si dewi”
Vita : “ kalian pikir saya percaya begitu saja, Kalian sukakan dengan satrio”(dan Vita pun meninggalkan satrio)




ADEGA 3

Sementara itu di dalam kantin terlihat andi dan kawanya merencanakan siasat untuk mecelakai satrio, karena tidak terimah dengan perkataan satrio

Andi : “Bagaimana kalau kita memukul Sisatrio setelah dia keluar dari halamn sekolah ini”
Rio : “Oke, Kita akan tunggu Sisatrio diluar halaman sekolah ini”
Febrian : “Sebaiknya kita cepat keluar dari halaman sekolah”
Andi : “ Mari kita pergi sekarang”




ADEGAN 4

Satriopun pergi mengejar sivita dan tiba- tiba andi dan temanya menghalangi satrio diluar lingkungan sekolah
Andi : “Hei Satrio, mau kemana kau”( Kemudian Rio dan Febrian menarik dan memegang kedua tangan Satrio)
Satrio : “Hei, mau apa kalian, apakah kalian tidak takut dengan perkataanku kemarin?”
Febrian : “ Justru karena itu, kami menahamu disini”( lalu dewi dan yuni datang)
Yuni : “ Hei Apa yang kalian lakukan terhadap satrio”(Melihat Dewi Dan Yuni datang Andi dan teman –temanya lari)
Dewi : “ Apakah kamu tidak Apa- apa ?”
Satrio : “ Iya, saya tidak kenapa-napa, Oh, Iya terima kasih Kalau tidak ada kalian mungkin saya suda babak belur mereka pukuli”
Yuni : “ Lain kali kalau kesi hatai –hati”
Satrioa : “ Iya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih”( Dan satriopun pergi)

Babak 3
ADEGAN 1
Ke Esokan harinya dewi menceritakan kepada si Vita bahwa Satrio ditahan Andi Dan temam- temanya
Dewi : “manaya si Vita?”
Yuni : Iya ya, Mungkin dia sudah masuk kelas”
Dewi : “Sebaiknya kita memberitahukan bahwa kemarin satrio dahadang oleh Andi dan teman- temanya”


Yuni : “ Itu Si vita baru datang!”
Dewi : “ Vit, ada hal yang harus kamu ketahui”
Vita : “ Apa yang harus Aku ketahui , tentang masalah kemarin?”
Dewi : “Memang ini tentang masalah kemarin, Bahwa si satrio dihadang Andi dan teman –temanya. Dan sebenarnya kami yang mendekati si Satrio dan bukan dia yang memangil kami kemarin untuk mendekatinya ”
Vita : “Jadi kemarin saya hanya salapaham tentang semua itu”

ADEGAN 2

Setelah mendengar perkataan dewi kemudian Vita mencari Andi dan teman-temanya dan dia menemukanya dikantin sekolah

Vita : “ Hei Andi, mengapa kalian menghadang satrio kemarin”
Andi : “ Memangnya kenapa? Kamu marah!”
Vita : “ Jelas saja saya marah! dia kan pacar aku”
Febrian : “ Oh, Jadi kamu tidak terima kalau kami mengganggunya, kalau begitu saya mau dia kesini dan tanyakan sama dia”
Vita : “ Baik, dia sebentar lagi akan sampai kesini”
Ibu kantin : “ eh, jangan buat keributan yah disini”
Vita : “Tenang saja Bu, kami tidak akan membuat keributan disini”

ADEGAN 3

Tidak lama kemudian satriopun datang kekantin sekolah si vita

Satrio : “ada apa vit? kamu memanggilku kesini”
Vita : “ Saya hanya mautanya sama kamu, apa benar kemarin kamu dihadang andi dan teman- temaya?”
Satrio : “Memang benar! tapi saya menganggap itu hal yang biasa, terjadi antara laki- laki”
Vita : “Semua suda jelas, saya ingin kalian minta maaf dengan satrio jika tidak, saya akan memperpanjang masalah ini sampai ke kepolisian karena ini sama demgan tindak kriminal”





Andi : “Baik! kami akan minta ma’af pada satrio. Satrio saya minta ma’af terhadap perbuatan kami kemarin” ( sambil menunduk pada saat meminta ma’af )
Satrio : “ Sudalah kejadia kemarin anggap tidak pernah terjadi, dan saya telah mema’afkan kalian”
Rio : “ terima kasih, kamu telah mema’afkan kami”

ADEGAN 4

Tidak lama kemudia Vita pun meminta ma’af kepada satrio
Vita : “ Aku mau minta ma’af sama kamu, atas kesalapahamanku terhadap kamu”
Satrio : “ Aku juga minta ma’af atas perkataanku tadi kepada kamu, kamu maukan? mema’afkan aku”
Vita : “iya saya memaafkan kamu ”
Satrio : “terima kasih kamu telah mema’afkan aku”
Vita : “ya, sama-sama”
Satrio : “ kalau begitu mari kita jalani hubungan kita seperti yang dulu”
Ibu Kantin : “ Nah Begitu Dong! kalau akur kan lebih bagus daripada berantem terus”

















TUGAS SENI BUDAYA
NASKA TEATER






















KELOMPOK 1 (SATU)
KELAS 2 BRL 1 ( BUDIDAYA RUMPUT LAUT)
Tahun pelajaran 2009 – 2010








NAMA DAN PERAN PEMAIN

Tidak ada komentar: